Penggunaan HP Yang Salah Dan Berbahaya Bagi Kesehatan

Orang-orang saat ini sepertinya memang sulit untuk di pisahkan dari smartphone mereka. Meski smartphone di ciptakan untuk mempermudah aktivitas dan pekerjaan, smartphone juga tidak harus di bawa tidur. Sebab penggunaan handphone yang berlebihan dan salah akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan.

Masalah kesehatan yang di timbulkan dari penggunaan handphone berlebih cukup berbahaya, bahkan bisa mengakibatkan kematian. Dampaknya yang sangat mengerikan ini pastinya tidak ingin kamu rasakan dan alami bukan? Nah, supaya dampak buruk dari smartphone ini tidak kamu alami. Berikut ini ada beberapa contoh penggunaan smartphone yang salah, dan wajib kamu hindari.

1. Terpapar cahaya dari layar Handphone terlalu lama

Cahaya yang di hasilkan dari layar handphone kamu akan membuat melatonin tertekan, salah satu hormon yang berperan untuk mengatur siklus tidur tubuh, dan inilah mengapa saat ingin tidur sangat tidak di anjurkan untuk memainkan handphone mu saat hendak tertidur.

Cahaya dari handphone juga akan membuat mata kelelahan dan mengakibatkan kepala menjadi pusing. Cobalah untuk berhenti bermain gadget mu ketika ingin tidur dan jika memang ada urusan penting yang mengharuskan mu untuk menggunakannya, turunkan tingkat kecerahan layar se minim mungkin.

2. Tidur dengan membawa smartphone

Rancangan sebuah smartphone pada dasarnya adalah penerima sekaligus pemancar gelombang radio elektromagnetik. Walaupun bukti nyata dari bahaya smartphone yang di bawa tidur, gelombang yang di terima atau pun di pancarkan smartphone tentu saja sangat berbahaya untuk otak jika terlalu lama terpapar.

Selain itu, getaran maupun bunyi dari smartphone akan membuat kamu terbangun di tengah-tengah tidurmu. Yang di mana ini akan mengganggu siklus tidur sehingga kamu tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

3. Kontak dengan kulit hingga waktu yang lama

Hingga saat ini, cukup banyak ilmuwan yang coba mengungkap kaitan antara smartphone dengan kanker, khususnya ketika jaringan smartphone berada di kisaran 900MHz yang akan membuat sebuah smartphone menjadi panas. Panas dari smartphone ini akan terus di serap oleh kulit ketika smartphone sedang menempel di tubuh.

Kamu bisa mencoba menggunakan headset ketika berkomunikasi atau mendengarkan musik dari smartphone, dan usahakan untuk menjauhkan smartphone kamu ketika sedang tidak di gunakan.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita Terbaru, Hotnews dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *