Manfaat Sinar Matahari Pagi Hari Bagi Kesehatan

Sinar matahari di pagi hari merupakan salah satu sumber vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, maka syukurlah jika Indonesia memiliki iklim tropis karena kita dapat menikmati vitamin D dengan secara gratis.

Khasiat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan

1. Sumber Vitamin D
Manfaat dalam berjemur di pagi hari bisa mendapatkan vitamin D dengan secara gratis sebanyak yang anda inginkan. Pada saat sinar ultra violet di saring pada kulit, maka sinar tersebut dapat merubah simpanan kolestrol pada kulit menjadi vitamin D. Dengan terkena sinar matahari selama 5 menit saja artinya dengan memberikan 400 vitamin D pada tubuh anda.

2. Memperkuat dan Membentuk Tulang
Meningkatnya vitamin D pada tubuh karena paparan sinar matahari bisa membantu dalam menyerap kalsium yang ada di dalam tubuh. Sinar matahari adalah sebuah cara dalam pembentukan, perbaikan tulang, dan mencegah penyakit seperti pelunakan tulang pada anak- anak dan pengeroposan tulang seperti osteomalasia dan osteoporosis.

3. Mencegah Kanker
Walaupun terlalu lama terkena sinar matahari bisa untuk meningkatkan resiko kanker kulit, tapi manfaat sinar matahari pagi dalam jumlah sedang sebenarnya bisa untuk mencegah kanker, termasuk kanker usus besar, kanker ovarium, kanker pancreas, kanker prostat, dan limfoma Hodgkin.

Menurut para penelitian orang yang tinggal di daerah dengan jam siang yang lebih mungkin mempunyai beberapa kanker dari pada orang yang tinggal di tempat yang mempunyai banyak sinar matahari pada siang hari.

4. Mengatasi Penyakit Kulit
Kena paparan sinar matahari mungkin bisa untuk membantu dalam mengobati beberapa kondisi kulit. Dokter telah menyarankan bahwa berjemur sinar matahari pagi dapat mengalahkan beberapa kondisi kulit, termasuk penyakit kuning, eksim, psoriasis dan juga jerawat. Walaupun terapi sinar matahari tidak untuk semua orang, dokter kulit telah memberiakan saran untuk perawatan penyakit kulit ringan yang membantu dalam mempercepat penyembuhan.

5. Mengurangi Resiko Darah Tinggi
Sebuah peneliti mengatakan jika kurangnya terkena sinar matahari sangat beresiko terkena tekanan darah tinggi. Selain itu sinar matahari dapat secara langsung mempengaruhi resiko penyakit stroke menurut penelitian yang sama. Vitamin D merupakan salah satu hormone yang sangat kuat untuk mengatur tekanan darah.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita Terbaru dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *