MANFAAT BERAS KENCUR JANGAN DI RAGUKAN LAGI

Di Indonesia, kencur merupakan salah satu tanaman yang sangat sering digunakan mulai dijadikan sebagai tambahan di berbagai jenis makanan, dijadikan sebagai obat herbal bahkan juga sering digunakan sebagai minuman seperti jamu beras kencur. Sejak dahulu masyarakat sudah mempercayai beras kencur sebagai jamu yang memiliki fungsi menangkal berbagai penyakit dan juga bisa meningkatkan kebugaran tubuh.

Kencur ialah tanaman yang biasanya hidup di daerah tropis dan subtropis, bentu dari tanaman ini rimpaang dan masih 1 keluarga dengan jahe namun jika dibandingkan dengan jahe kencur lebih memiliki rasa dan memiliki aroma yang menyengat dibandingkan dengan jahe. Kencur di percaya memiliki banyak khasiat maka dari itu digunakan sejak dulu sebagai obat herbal.

Beberapa penelitian juga sudah menemukan bahwa kencur ini memiliki aktivitas antibakteri, antiinflamasi dan antijamur maka dari ini yang menjdikan kencur ini sebagai beras kencur pada jamu untuk menjaga kesehatan pada tubuh. Untuk lebih jelasnya beberapa bahan dari beras kencur seperti :
1. Etil parametoksisinamat
2. Flavanoid
3. Mikroba yang rendah dan antioksidan yang tinggi

Beras kencur merupakan jenis minuman jamu yang biasanya disebut dengan jamu gendong, istilah dikatakan jamu gendong ini berasal dari cara menjajaknya yaitu dengan cara di gendong dalam baku wanita yang di jual secara berkeliling. Pada dasarnya jenis jamu gendong ini terbuat dari ramuan yang berasal dari dedaunan, buah-buahan, akar-akaran dan batang tanaman herbal yang sudah di rebus dengan air. Ramuan pada jamu ini lebih baik di minum pada saat masih dalam keadaan segar atau pada saat selesai pembuatan.

Jamu gendong ini yang sangat popular dan sering di konsumsi oleh masyarakat adalah beras kencur, sinom, cabe payung, kunyit asam,
kunci sirih, laos dan jamu pahitan.

Tidak ada resep khusus untuk pembuatan jamu beras kencur karena pembuatan jamu beras kencur ini sudah di buat secara turun temurun dan sudah sesuai dengan selera masing-masing. Namum jika ada tambahan lainnya pada ramuan jamu beras kencur ini adalah jahe , gula merah, jahe dan asam.

Tulisan ini dipublikasikan di Hotnews dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *