Usir Stress Dengan Meditasi

Nama Meditasi mungkin masih sangat awam bagi banyak orang, namun kabarnya Meditasi sangat bagus loh untuk produktivitas seseorang bahkan kesehatan juga akan sangat berpengaruh dengan melakukanya secara teratur. Kamu jangan salah banyak orang sukses seperti Bos Facebook, Mark Zuckberg, Bill Gates dan pemilik Twiter Jack Dorsey bahkan mendiang Steve Jobs juga sangat menggemari kebiasan ini sebelum dia berhasil menciptakan produk Apple.

Sementara Meditasi sendiri juga dianggap hanya kebiasaan yang mengabiskan waktu tanpa melakukan apapun. Padahal manfaat Semadi ini sangat bagus bagi tubuh dalam memanangemen Stress yang datang setiap hari tanpa kita ketahui. Terkadang kita mengalami Strees yang berlebihan setiap harinya dan hal itu bisa berdampak dengan mental dan fisik kita guys.

Jadi sebenarnya Meditasi itu untuk apa sih diciptakan hanya tiduran,diam seperti patung? Tunggu dulu kamu bisa simak dibawah ini berbagai manfaat meditasi sebagai berikut.

Menghilangkan Stress

Stress sendiri dinilai penyebab beberapa penyakit menjadi parah seperti, Kanker, Diabetes dan Jantung Korener.  Ketika seseorang mengalami Stress ia akan mengeluarkan Hormon Kristisol yakni hormon yang membuat semua saraf yang ada ditubuh menjadi tegang hingga terjadinya peradangan. Jika sudah menjadi tegang hal itu dapat memicu penyumbatan darah karena saraf terganggu dan tidak mengalirkan darah  dengan baik. Hipertensi, Kolestrol dapat menjadi semakin buruk bahkan menyebabkan kematian. Bagaimana Meditasi menanganinya ? Meditasi merupakan teknik rileksasi yang melancarkan semua aliran dalam tubuh termasuk darah yang mengalir pada semua sistem saraf. Ketika tubuh sedang bermeditasi akan langsung mengeluarkan hormon dompamin di dalam otak serta serotoin dan membuat tubuh menjadi rileks.

 

Menyembuhkan Depresi

Apa itu Depresi ? apakah Depresi adalah hal yang sama dengan Stress? hampir sama namun Depresi adalah kelanjutan dari Stress yang terlalu lama dibiarkan. Depresi sendiri menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Beberapa orang-orang terkenal seperti aktor Hollywood dan juga penyanyi terkenal di Mancanegara harus meregang nyawa akibat Depresi, contoh mendiang Chester Bennington (Linkin Park) dan Kim Jong Hyun(SHINE).

Depresi sendiri merupakan penyakit yang mempengaruhi mentalitas sesorang dan juga kesadarannya membuat seseorang mengalami insomnia dan rasa takut berlebihan. Bahkan gejala dari Depresi sangat bisa terlihat seperti perubahan prilaku, pemikiran, gaya berbicara hingga kebiasaan. Survei yang dilakukan oleh Havard  University mengungkapkan jika Depresi dapat menjadi pembunuh nomor satu bagi kesehatan manusia dalam 10 tahun kedepan lebih parah dari Kanker dan juga Jantung Koroner. Di Jepang bahkan hampir setiap tahun ada puluhan hingga ratusan kasus orang yang mengalami Depresi hingga mengambil jalan pintas untuk membunuh dirinya. Akan tetapi dilansir oleh Cambridge University jika Depresi dapat dilawan bahkan disembuhkan dengan cara Meditasi. Hampir sama dengan Stress Meditasi menciptakan teknik relaksasi yang besar sehingga membuat suasa hati menjadi lebih tenang dan bahagia.

Merubah Struktur Otak

Dilansir dari Universitas California Los Angels (UCLA) mereka mencoba meneliti beberapa biksu Tibet dimana mereka melakukan Scan terhadap otak pada para biksu dengan alat FMRI. Jika Otak manusia dapat berubah-ubah strukturnya, terlihat jika warna abu-abu daerah otak para biksu semakin menebal. Hal itu dapat mempengaruhi prilaku seseorang ke arah yang postife, bahkan terlihat jika tidak ada tanda-tanda depresi pada para biku-biku tersebut. Lalu mereka juga melakukan Scan tandingan terhadap beberapa mahasiwa yang tidak pernah bermeditasi, berbanding terbalik, dalam Scan tersebut para mahasiswa mengalami stres dan depresi yang begitu besar dan membuat mereka menjadi cemas berlebihan takut dan memiliki rasa tegang yang tinggi.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita Terbaru, Hotnews dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *